Senin, 12 Agustus 2013

"LOVE"


Barusan gue baca sebuah buku, karya Budiyanto Parma yang judulnya Love Sucks. Banyak hal yang gue dapetin dari buku itu. Sebuah buku yang sangat berguna dalam membina hubungan, membantu dalam menciptakan keajaiban demi abadinya suatu hubungan. 

Nah, berhubung gue orangnya gak pelit, gue akan bagikan apa yang gue dapat dari buku ini. Yaitu tentang “LOVE”. Kata yang terdiri atas 4 huruf sederhana, mempunyai pengertian sederhana pula, tapi sangat bermakna: 

L = Listen to each other

Tuhan menciptakan kita sepasang mata, terletak di depan dan sama rata, agar kamu melihat setiap orang dengan pandangan setara; dua telinga, terletak di dua sisi yang berbeda, agar kamu tidak mendengar cerita dari satu sisi saja; dua sisi otak, agar kamu tidak hanya memikirkan diri sendiri, tetapi memikirkan orang lain juga. Pertanyaannya adalah, “mengapa lida hanya satu?”  karena kita diminta untuk lebih melihat dan mendengar kemauan pasangan kita. Komunikasi yang baik adalah ingin mendengar kemauan pasangan kita, bukan meminta dia menjadi seperti yang kita inginkan. 

O = Open your heart

Bukalah hati kita apabila masih tertutup untuk menerima masukan dari orang lain. Selama orang lain masih memberi kita nasihat yang baik dan membangun berarti orang tersebut mempedulikan kita. Ambil yang positif dan buang yang negatif. Dengan hati yang terbuka kita bisa mengerti orang lain tanpa harus memaksakan diri agar dimengerti orang lain. 

V = Value your union

Hargai kebersamaan yang sudah terjadi. Ikatan yang sedang kita bangun bukan terjadi melalui proses yang mudah. Jangan hanya karena kita terlalu sibuk, kita membuat dia merasa jadi penghalang. Luangkan waktu untuk bertemu. Sesungguhnya tidak ada yang paling menyenangkan bagi pasangan kita selain bertemu dan membuatnya tertawa. 

E = Express your trust

Saat kita memilih menaiki sebuah bus, apa yang kita minta pertama kali yang jadi prioritas kita? Pastilah sebuah rasa aman dan nyaman. Kita harus percaya penuh padanya, bahwa kita akan diantar sampai pada tempat tujuan dengan selamat. Saat kita sudah memilihnya, berarti hari itu juga kita harus yakin, tetapi apa yang terjadi bila sebaliknya kita meragukannya? Timbullah rasa takut yang terus bergulung berubah menjadi rasa cemburu. Rasa cemburu sama saja seperti iri hati, yang membedakan hanyalah objeknya, membuat hubungan kita yang sehat menjadi bergantung tidak jelas. Kita haruslah memberikan porsi kepercayaan lebih kepada pasangan kita. Apa yang terjadi apabila kita biarkan rasa cemburu itu merasuki hati kita, makin lama makin menggunung dan menjadi bau karena basi yang pada akhirnya yang tercium hanyalah bau busuk, membuat kita dijauhi dan akhirnya di buang. 

Semoga apa yang udah gue bagikan dapat membantu kalian dalam menjalin sebuah hubungan yang sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Gembel Ceria Template by Ipietoon Cute Blog Design