Selasa, 02 April 2013

Baksos Part I


Awal ketika tahu akan mengadakan baksos (bakti sosial) di tempat ini, aku bertanya dalam hati. Seperti apa sih tempatnya? Karena kata teman-teman yang survei ke sana, tempatnya lumayan jauh dan letaknya di pelosok pedesaan yang jauh dari keramaian kota.

Tanyaku terjawab ketika hari pertama aku bersama teman-teman benar-benar pergi mengunjungi tempat itu. Ketika memasuki daerah Klaten, aku masih bertanya lagi, masih jauhkah? Saking penasarannya aku beneran gak sabaran untuk berjumpa dengan murid-murid di sana.

Kami harus melewati area jalan yang cukup ekstrim untuk mencapai sekolah tersebut. Kami harus berjalan dengan mengendarai motor di pinggiran sawah. Bayangkan saja, jika lengah maka akan terjatuh di sawahan milik penduduk sekitar.

Setelah melalui perjuangan melewati area persawahan dengan sangat hati-hati, kami akhirnya sampai juga di SD Kanisius Kerten, Klaten.

Bahagia dan nyaman yang aku rasakan ketika pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Saat aku turun dari motor dan menatap sekeliling, aku dapati wajah-wajah asing itu menyambut kami dengan penuh ceria. Wajah polos dan ceria mereka berhasil membuat aku jatuh cinta pada mereka. Sungguh aku jatuh cinta pada wajah-wajah asing itu. Diam-diam aku berdoa dalam hati agar suatu saat nanti, wajah dan senyum ceria mereka menjadi bagian dari senyumku. Aku berharap bisa merasakan kekanak-kanakan dan kepolosan mereka. Itu harapanku beberapa menit saat bercengkrama bersama mereka di tempat parkiran.

Setelah berkenalan dengan beberapa anak di parkiran, kami menuju ke ruang guru untuk bertemu dengan guru-guru dan kepala sekolah. Kami di sambut dengan ramah oleh mereka. Nambah satu lagi harapanku di sekolah ini. Aku sebagai calon guru, berharap mendapatkan minimal cerita pengalaman mereka saat mengajar anak-anak di tempat yang jauh dari keramaian ini. Mereka jauh dari kota, namun semangat mereka tak kalah dengan anak-anak di perkotaan untuk menuntut ilmu.  Aku berharap, banyak pengalaman baru yang aku dapatkan di tempat ini. Aku berharap dengan berkegiatan di sekolah ini, aku makin mencintai dan mensyukuri akan profesi guru yang Tuhan percayakan padaku.

Berikut adalah dokumentasi selama kami bercengkrama di sekolah tersebut!


Foto Kepala sekolah SD Kanisius Kerten
Guru-guru SD Kanisius Kerten
 Di bawah ini adalah foto-foto siswa-siswi SD Kanisius Kerten


Selama di sana juga, kami bermain bersama anak-anak, salah satu permainannya yaitu gaja duduk. Permainannya seru dan anak-anak terlihat semangat bermain bersama kami.
Ini salah satu dokumentasi saat kami bermain bersama anak-anak di sekolah ini.


Divisi Sedape (Seminar dan Pengembangan) HMPS Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma, benar-benar tidak salah memilih sasaran untuk melaksanakan baksos. SD Kanisius Kerten, Klaten merupakan sasaran yang tepat dan aku sangat beruntung menjadi salah satu tim yang bergabung di dalamnya. Aku tidak menyesal telah mengikuti baksos di tempat ini.

Ceritanya gak cukup sampai sini loh..

Nantikan cerita-ceritaku selanjutnya saat bermain dan belajar bersama anak-anak yang sungguh menggemaskan di sekolah ini!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Gembel Ceria Template by Ipietoon Cute Blog Design